BEKSI TRADISIONAL H. HASBULLAH | Ekstra Kurikuler Sekolah TK, PAUD, SD, MTs, SMP, SMA, SMK, Aliyah dan Universitas


Penawaran Seni Beladiri Pencak Silat Betawi BEKSI TRADISIONAL H. HASBULLAH sebagai kurikulum mata pelajaran ekstrakurikuler disekolah-sekolah TK, PAUD, SD, MTs, SMP, SMA, SMK, Aliyah dan Universitas di Ibukota Jakarta dan Tangerang sebagai benteng pembentukan karakter pribadi yang baik secara jasmani maupun rohani dalam rangka membangun mental pribadi bangsa yang kuat untuk menangkis segala bentuk pengaruh negatip dari luar yang dapat merusak moral anak-anak bangsa.

DKI Jakarta seperti kita ketahui adalah merupakan Ibu Kota Negara Indonesia yang memiliki penduduk dengan beraneka ragam suku yang datang dan mengadu nasib dikota besar ini.  Namun tahukah kalian bahwa di Jakarta sendiri banyak memiliki aneka ragam budaya tradisional khas betawi ? Yang mungkin sudah kita kenal pada umumnya adalah Lenong Betawi, Tarian Betawi dan Palang Pintu namun jarang sekali kita ketahui seni beladiri khas tanah betawi dan bagaimana manfaatnya bagi mereka yang sudah mempelajarinya.

Seni Beladiri Silat Betawi ada beberapa macam, diantaranya : Beksi, Cingkrik, Troktok, Saliwa , Sabeni dan yang lain-lainnya secara aslinya yang kita ketahui, namun sesuai perkembangan jaman banyak seni beladiri betawi ini mengalami perubahan baik dari segi jurus dan nama dan meninggalkan keaslian dari seni beladiri yang harus kita lestarikan.

Kali ini yang akan saya kupas adalah Silat Beksi yang sangat cocok untuk pendidikan ektra kurikuler disekolah-sekolah sebagai pendidikan tambahan bagi para siswa-siswi sebagai bekal untuk menjaga diri dan berakhlak mulia.

Perguruan Silat Beksi Tradisional H. Hasbullah adalah perguruan ilmu beladiri yang masih memegang teguh nilai-nilai budaya leluhur dan murni merupakan olah raga yang selain menyehatkan jasmani dan rohani, dengan aturan yang baku dari jaman dahulunya juga tetap menjujung tinggi nilai-nilai norma adab dan kesopanan dalam proses latihan maupun dalam hidup bermasyarakat.

Tata krama dan adab sopan santun sangat dijunjung dimana setiap murid beladiri Beksi Tradisional H. Hasbullah harus menghormati kedua orang tua, menghormati guru-gurunya dan terutama adalah setiap sebelum memulai latihan dan sesudah latihan harus selalu diawali dan diakhiri dengan berdoa kepada Tuhan YME agar dalam setiap proses latihan dan setelah selesai latihan diberikan kemudahan dan apa yang dipelajari dapat memberikan manfaat sebagai bekal hidup dimasa depan.

Berikut ini kami sampaikan beberapa manfaat dari belajar ilmu seni beladiri Beksi Tradisional H. Hasbullah :

1. Kesehatan Jasmani

Kesehatan Jasmani adalah merupakan kebahagiaan yang tak ternilai harganya, dimana biaya Rumah Sakit sangatlah mahal. Dengan belajar ilmu beladiri Beksi Tradisional H. Hasbullah akan membentuk badan yang sehat dikarenakan ilmu beladiri ini selain melatih pernapasan juga melatih dan membangkitkan daya ingat setiap para siswa-siswi yang belajar, sangat cocok dan bisa juga dijadikan sebagai bahan terapi bagi siswa-siswi khususnya yang menderita penyakit Ashma (sesak napas) baik yang bawaan maupun karena faktor keturunan karena dalam gerakan beladiri ini banyak melatih proses pernapasan dan kesehatan jantung. Selain itu juga para siswa-siswi akan lebih meningkat daya ingatnya sehingga mereka dapat dengan mudah untuk menghapal pelajaran setelah belajar ilmu beladiri ini dan menjadi lebih disiplin dalam belajar.

2. Kesehatan Rohani

Kesehatan Rohani merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam pembangunan kejiwaan seseorang, berlatih secara jasmani tanpa di imbangi dengan rohani di ibaratkan seperti sebuah GOLOK yang tidak memiliki SARUNG yang akan sangat berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain. Belajar ilmu beladiri Beksi Tradisional H. Hasbullah selain pembinaan secara jasmani, rohanipun ikut dibina dengan menjadikan setiap siswa-siswi yang belajar menjadi pribadi yang sabar, tidak sombong dan bisa mengontrol diri dari amarah karena hal tersebut selalu ditekankan kepada siapa saja yang belajar ilmu beladiri Beksi Tradisional H. Hasbullah sesuai dengan adab dan tata krama yang sudah diajarkan dari para leluhur sebelumnya tentang kedekatan manusia kepada sang Pencipta.

3. Pelindung diri dari kejahatan terhadap anak dan perempuan

Kejahatan kepada kaum wanita dan anak-anak saat ini sangat sering terjadi dan meningkat dari tahun-ketahun, peran setiap orang tua, guru dan murid dihadapkan dengan bagaimana cara untuk mengatasi, menghindari dan mengantisipasi kejahatan ini. Beladiri Beksi Tradisional H. Hasbullah sangatlah cocok dipakai untuk membekali dan melindungi para kaum yang selalu menjadi korban dari kejahatan tersebut karena dapat dipergunakan saat para wanita atau anak-anak berada dalam kondisi membahayakan dikarenakan banyak gerakannya yang dapat mengantisipasi segala bentuk pelecehan kejahatan dari segala penjuru. Karena Beksi Tradisional H. Hasbullah terkenal dengan ilmu pertahanan 4 (empat) penjuru. Dengan membangun pelatihan pertahanan tersebut setiap kaum perempuan dan anak-anak dapat menghindari dan meminimalisasi perbuatan orang-orang yang berniat jahat kepadanya.

4. Meningkatkan Kecerdasan

Dijaman yang sudah semakin maju dimana teknologi semakin berkembang di era yang penuh persaingan hidup, setiap warga negara Indonesia diharapkan bisa menjadi pribadi-pribadi yang cerdas dan dapat bersaing dengan bangsa-bangsa yang lain. Dengan belajar beladiri Beksi Tradisional H. Hasbullah ada ilmu yang ditanamkan dan diwajibkan kepada setiap siswa-siswi yang belajar yaitu tentang bagaimana selama belajar ilmu beladiri ini harus mengerti akan fungsi dan makna dari setiap gerakan. Karena Beksi Tradisional H. Hasbullah ingin mencetak generasi-generasi penerus budaya yang mengerti akan fungsi dan makna dari belajar ilmu beladiri Beksi Tradisional H. Hasbullah. Ada pepatah dari Beksi Tradisional H. Hasbullah yang harus dipahami yaitu “ Lebih baik belajar satu jurus tapi mengerti akan fungsi dan kegunaannya daripada belajar semua jurus namun tidak mengerti akan fungsi dan kegunaannya”.

Demikianlah sedikit informasi ulasan mengenai Belajar Seni Beladiri Beksi Tradisional H. Hasbullah yang masih banyak lagi manfaat dan kegunaannya yang belum kami kupas seluruhnya untuk pelajaran Ekstrakurikuler di sekolah-sekolah, semoga artikel ini bisa menjadi manfaat dan berguna bagi kita semua.

Harapan kami kepada pemerintah DKI Jakarta dan Tangerang pada khususnya dan Suku Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) pada umumnya semoga apa yang kami tawarkan ini bisa menjadi inspirasi bagi pemerintah untuk dapat merealisasikan apa yang menjadi keinginan dari Perguruan Pencak Silat Beksi Tradisional H. Hasbullah dalam proses ikut membangun kemajuan pendidikan dan kebudayaan bangsa dengan potensi yang ada dari milik kita sendiri dengan semangat Nasionalisme dan Kebangsaan yang satu yaitu INDONESIA.

Hormat kami,-
PPS Beksi Tradisional H. Hasbullah
Ketua Umum
AHMAD ROFI
Dewan Pelatih
BANG KINONG
Dewan Penasehat
BANG FIAN
BANG UDIN
Kantor Sekretariat
Jl. Ciledug Raya No.10 (Samping Kantor Pelayanan Pajak) Ulujami Pesanggrahan Jakarta Selatan
Telpon : 0812-8373-8179

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s